Sabtu, 14 Desember 2013

22 Immutable Laws of Marketing: Law 6

Melanjutkan seri 22 Immutable Laws of Marketing yang saya post kemaren, blog ini akan membahas Law yang ke 6 dari bukunya Al Ries dan Jack Trout

6. The law of exclusivity - two companies cannot own the same word in the prospect's mind.

Well untuk hukum yang satu ini memang sudah seharunya, alis sudah absolute… yang bisa menjadi pemenang dalam marketing juga cuma 1. Di bab yang ini Al Ries dan Jack Trout membandingkan tentang batere Energizer dan Duracell, sampai saat ini pun kedua brand baterai tersebut masih bersaing untuk memperebutkan kata yang sama yaitu “Long Lasting.”

Contoh kasus marketing yang seperti di Indonesia adalah Teh Sosro dengan Teh Botolnya dan Teh Kotak buatan PT. Ultrajaya. Mereka sudah lama sekali berperang dalam memperebutkan kata Teh Manis. Sampai saat ini Teh Botol sepertinya masih memenangkan peperangan ini.

Contoh lainnya adalah produk lain dari PT. Ultrajaya dan Indofood dalam produk susu kemasannya yaitu Susu Ultra dan Indomilk, keduanya juga sedang memperebutkan kata “susu kemasan.” Nah ngomong-ngomong soal susu kemasan, entah kenapa saya teringan Cimory :) soalnya saya suka sekali sama Cimory jadi susu Ultra dan Indomilk saya sudah saya tinggal.

Mungkin ada disini Marketeers yang punya pengalaman dalam mengembangkan produk yang berperang dalam memperebutkan sebuah kata?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar