Sabtu, 23 November 2013

"Indonesia is The New China"


Hermawan: "Indonesia is The New China" 
Ester Meryana | Erlangga Djumena | Senin, 5 Desember 2011 | 17:02 WIB
Hermawan Kartajaya 
JAKARTA, KOMPAS.com — MarkPlus Inc kembali 
menyelenggarakan konferensi pemasaran terbesar tahunan di 
Jakarta, Kamis (15/12/2011). Dalam acara yang bertajuk 
"Welcome to The New Chapter of Marketing: Indonesia is Riding High! Are You Ready?," 
Hermawan Kertajaya akan membeberkan 12 tips emas untuk marketers. 
"Kita akhir tahun ini (PDB per kapita) 3.500 dollar AS kira-kira," ujar Hermawan dalam 
konferensi pers, di Jakarta, Senin (5/12/2011). Dengan angka tersebut, kata dia, tingkah laku 
konsumen Indonesia sudah mulai berubah. Ini merupakan peluang dalam pasar domestik yang 
dipenuhi oleh sekitar 240 juta penduduk. 
"Jadi, market Indonesia itu luar biasa," terang Hermawan. Bahkan, ia pun menyebut "Indonesia 
is the new China untuk South East Asia." 
Dengan kesempatan pasar domestik ini, perusahaan pun harus mengembangkan manajemen 
produk, pelanggan, dan merek. Ketiga hal ini akan dikembangkan Hermawan menjadi 12 tips. 
Masing-masing manajemen akan terdapat 4 tips. Hal ini akan diberikan Hermawan kepada 
peserta dalam sesi "Marketing in Indonesia 2012: The Twelve Golden Rules for Indonesian 
Marketers by Hermawan Kertajaya." 
"Bahwa basically kalau perusahaan tidak keluarkan produk baru tahun 2012 ini bodoh sekali 
karena konsumen lagi confident sekali," sebut Hermawan memberikan penjelasan mengenai 
manajemen produk. Selain mengeluarkan produk baru, lanjut dia, perusahaan juga harus 
mendorong pengembangan produk tahun ini yang berhasil. 
"(Jadi) empat tips dalam brand management, yang akan dibagi dalam white book yang nanti akan 
dikasih pada tanggal 15 (Desember)," tambah dia.
Pada tahun keenam penyelenggaraannya, MarkPlus Conference menargetkan sebanyak 5.000 
marketers yang akan hadir di Ballroom Ritz-Carlton, Pacific Place. Ribuan orang ini akan 
disuguhkan oleh sekitar 50 narasumber yang berasal dari berbagai latar belakang industri 
dengan posisi level tinggi di perusahaannya, baik dari dalam maupun luar negeri. 
Para narasumber tersebut akan membahas kasus di perusahaan mereka masing-masing yang 
mengacu pada beberapa konsep pemasaran terbaru, antara lain New Wave Marketing, 
Marketing 3.0, dan Youth, Women, Netizen. 
Selain pemberian sejumlah pembahasan mengenai dunia pemasaran, konferensi tahun ini juga 
akan mengumumkan Marketer of The Year Indonesia 2011. Penjurian untuk gelar ini diketuai 
oleh Menteri BUMN Dahlan Iskan. Dahlan merupakan pemenang gelar ini pada tahun lalu ketika 
dia memimpin Perusahaan Listrik Negara.
x

Tidak ada komentar:

Posting Komentar